NICE HOMEWORK #2: CHECKLIST INDIKATOR IBU PROFESIONAL

Banyak kejadian luar biasa hadir dalam keriuhan keluarga kecil kami sepekan terakhir. Dari hal-hal remeh sampai sesuatu yang besar dan tak terduga, yang bahkan kami tak tega menyebutkannya di ranah publik. Lelah karena emosi terkuras. Letih karena terus-menerus memikirkan apa kiranya solusi terbaik yang bisa kami ambil untuk menyelesaikan konflik.

Sampai saya lupa, ada satu tugas yang belum saya sentuh sedikitpun. Dan besok pagi adalah batas akhir pengumpulannya. Saya mohon maaf kepada fasilitator kelas kami, Mbak Sasha, atas kelambatan dan kemalasan saya dalam NHW#2 ini. Seharusnya saya lebih bersungguh-sungguh dan tidak menunda mengerjakannya sampai batas waktu yang ditentukan.

Nice Homework kali ini adalah tentang indikator profesionalisme seorang ibu. Para peserta MIIPB6 diberi tugas untuk membuat checklist indikator profesionalisme yang bisa kami jalankan di kehidupan sehari-hari; sebagai individu, istri, dan ibu. Indikator utama keberhasilan ibu profesional adalah "Menjadi kebanggaan keluarga", dimana kebahagiaan suami dan anak-anak menjadi tolok-ukur nilai profesionalisme. Untuk itulah para peserta diminta mengomunikasikan pada suami dan anak-anaknya, hal-hal apa saja yang membuat mereka merasa bahagia terkait dengan dirinya. Nantinya, jawaban-jawaban itu dapat dijadikan acuan untuk membuat checklist.

Tapi, tapi, tapi... suami saya itu ketika ditanya, "Yah, hal apa yang aku lakukan dan bisa membuat Ayah bahagia? Atau aku harus ngapain gitu biar jadi istri dan ibu yang baik?"
Jawabannya justru, "Lha opo si? Lha mbuh." yang artinya kurang kebih, "Apa sih? Ga tau."
Hhaaaahaha. Begitulah kami. Tidak semua hal bisa dan biasa kami diskusikan (secara lisan), ada hal-hal yang cukup kami aktualisasikan dalam tindakan saja, mengamati satu sama lain untuk kemudian saling mengoreksi kesalahan masing-masing.

Nah, karena judulnya "checklist", seharusnya saya membuat semacam tabel yang berisikan daftar kegiatan atau terget-target yang akan dicapai lengkap dengan patokan waktu dan kolom evaluasi. Tapi, karena saya tidak cukup lihai dalam membuat tabel, saya akan menuangkannya ke dalam narasi.

Silakan disimak~

CHECKLIST INDIKATOR IBU PROFESIONAL

Sebagai Individu
Spiritual
1. Sholat fardhu tepat waktu (setiap hari! No excuse.)
2. Sholat dhuha (min. 2 rakaat setiap hari)
3. Tilawah Qur'an (min. 1 halaman setiap hari)
4. Puasa senin-kamis (selama masa suci)
5. Istighfar (min. 10x dalam sehari)

Pengembangan diri (berkaitan dengan minat dan bakat, serta jurusan yang telah saya ambil di NHW#1)
1. Mengasah keterampilan menggambar (min. menghasilkan 2 gambar dalam 1 pekan)
2. Mencari referensi tutorial menggambar (baik berupa bacaan maupun tontonan) untuk meningkatkan pemahaman teori gambar. (min. 1 video/artikel dalam 1 pekan)
3. Menulis di blog (min. 1 artikel dalam 1 pekan, tidak termasuk artikel NHW)
4. Olahraga ringan; peregangan otot dengan gerakan seperti pemanasan (setiap pagi hari setelah matahari terbit), jogging (max. 1x dalam 1 pekan)

Sebagai Istri
1. Menyiapkan segala keperluan suami sebelum berangkat kerja/dinas luar kota/kegiatan lainnya (setiap hari! Alhamdulillah selama ini sudah diterapkan. Tinggal bagaimana cara meningkatkannya.)
2. Memastikan rumah sudah beres dan masakan sudah siap saji sebelum suami pulang dari kantor (setiap weekdays)
3. Berdandan simple dan memasang roman muka yang "enak dipandang" ketika berhadapan dengan suami. (Ini yang paling sulit, jadi saya tidak akan mematok waktu untuk melakukannya. Sebagai gantinya, saya akan mencatat berapa kali saya gagal melakukannya dalam 1 pekan, lalu mengevaluasinya setelah 3 bulan.)
4. Mengucapkan terima kasih (setiap hari menjelang tidur malam)
5. Tidak meninggalkan piring kotor sebelum tidur; agar tidak repot ketika pagi menyapa, dan leluasa menyiapkan keperluan esok hari. (setiap hari! No excuse.)

Sebagai Ibu
1. Selalu membersamai anak kala ia terjaga (setiap saat)
2. Menciptakan permainan baru untuk mengasah hard and soft skill anak sesuai tahapan usianya (min. 1 permainan dalam 2 hari)
3. Membuat mainan DIY bersama anak (min. 1 mainan dalam 1 pekan)
4. Membuat menu masakan baru agar anak mengenal banyak rasa dan tekstur makanan (min. 1 menu dalam 1 bulan)
5. Mengajak anak bermain/bertamasya ke area publik yang kids friendly (min. 1x dalam 1 pekan, tiap weekend)
6. Mengatakan I Love You, "Ibu bersyukur dengan hadirnya kamu", "Terima kasih untuk hari ini", dan kalimat sejenisnya kepada anak agar ia tahu betapa bahagianya saya menjadi ibu, dan betapa berharganya ia di mata ibu (setiap malam menjelang tidur).

Masing-masing point akan saya evaluasi setiap 3 bulan. Jika belum memenuhi target, saya akan mengulanginya dengan tenggat waktu 1 bulan. Jika sudah terpenuhi, akan saya naikkan kuantitas (sebisa mungkin juga kualitas) di bulan berikutnya. Bismillah~

Terima kasih banyak!

Jakarta, 13 Agustus 2018
Salam,
Ra'ufina.

0 comments:

Posting Komentar